Gedung SDN di Pinggir Jalan Akan Dipindahkan

Advertisement

Gedung SDN di Pinggir Jalan Akan Dipindahkan

sdblokr
9/18/2013

JAKARTA (Pos Kota) – Gedung sekolah dasar (SD) yang berada di pinggir jalan bakal dipindahkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta. Kebisingan lalulintas dan faktor keamanan siswa menjadi alasan dipindahkannya gedung-gedung sekolah tersebut.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, pemindahan gedung sekolah ini sedap dalam tahap pelaksanaan. Seperti yang telah dilakukan di SDN Selong, Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sekolah tersebut nantinya dipindah ke lokasi bekas SDN Rawa Barat. “Lokasi di jalan Senopati sudah tidak lagi nyaman untuk aktivitas belajar mengajar karena sudah banyak pertokoan dan perkantoran,” ujar Taufik di Balaikota, Selasa (10/4).

Lebih lanjut Taufik mengungkapkan, dipilihnya lokasi bekas SDN Rawa Barat di Jalan Citayam II karena dinilai lebih laik. Karena berada di tengah pemukiman warga.

Adapun saat ini, pembangunan kembali SDN Rawa Barat sudah mulai dibangun kembali. Sedangkan bangunan sebelumnya telah diratakan dengan tanah. Dengan luas lahan sekitar 1.000 meter lebih, bangunan sekolah ini akan mampu menampung siswa yang setiap tahunnya terus bertambah.
Selain SD Selong, sekolah lain yang rencananya dipindah ialah SDN Cawang di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Bangunan ini juga berada di pinggir jalan raya. Lokasi pemindahan tidak akan jauh dari lokasi semula. Namun lebih menjorong ke dalam sehingga terdapat jarak yang cukup untuk mengamankan siswa dari ramainya kendaraan yang lalu lalang.

Hal yang sama juga dilakukan di SDN di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. “Untuk gedung sekolah satu ini akan dipindahkan ke kawasan di belakangnya. Sehingga tidak berbatasan langsung dengan jalan raya,” tandas Taufik. Namun sampai saat ini, untuk SDN di Jalan Kebon Sirih, pihaknya masih terus mencari lahan pengganti.

Dalam proyek pemindahan ini, Dinas Pendidikan DKI juga akan melibatkan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI. Hal ini menyangkut aset. Pada prisnsipnya, Taufik mengatakan bahwa pemindahan sekolah SD ini tidak akan jauh dari lokasi semula.(guruh/b)